Info Spesifikasi dan Harga Berbagai Jenis Laptop Terbaru | Review Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Tips Agar Baterai Laptop Awet

Tips Agara Baterai Laptop Awet - Sudah menjadi kebiasaan dari kebanyakan kita, saat sudah punya laptop biasanya lupa merawatnya atau ngga tidak tahu sama sekali cara merawat laptop tersebut dengan baik. Kita cuma asyik menggunakannya saja tanpa memikirkan perawatan. Padahal agar laptop bisa awet diperlukan perawatan yang tepat.

Kita mulai panik dan berusahan merawat laptop ketika sudah mulai ada tanda-tanda gangguan error atau rusak. Kemudian kita mencoba berbagai cara untuk mengatasinya. Padahal jika kita lebih memilih langkah preventif dengan merawat baik-baik laptop tersebut mungkin kerusakan parah bisa kita cegah. 

tips agar bateri laptop awet


Baterai adalah salah satu bagian dari laptop yang paling sering rusak. Baterai ngedrop, tidak mau dicharge, baterai membengkak, dan sebagainya. Berikut ini

Tips Agar Baterai laptop Tetap Awet.

  1. Pada saat membeli laptop baru jangan langsung digunakan. Baterai laptop tersebut ada pada kondisi kosong atau terisi sedikit. Sebelum memakai laptop menggunakan baterai, charge dulu baterai laptop baru terebut hingga penuh. Gunakan lampu indikator untuk menandai bateri sudah penuh dan jangan lupa selam proses pengisian baterai laptop dalam keadaan mati.
  2. Hanya gunakan baterai kalau memang diperlukan. Gunakan lah bateri pada saat berpergian atau pada kondisi lain ketika kita jauh dari sumber listrik atau kita perlu saat mobile kemana-mana. Jika anda menggunakan laptop di rumah atau di kantor untukk waktu yang lama anda sebaiknya menggunakan charger laptop biasa. Lepaslah baterai laptop. Jika anda besamaan mencharge dan menggunakan laptop bersamaan dalam durasi yang lama bisa menyebabkan kebocoran baterai. Kebiasaan ini juga bisa mempersingkat usia penggunaan bateri. Jadi gunakan baterai laptop jika memang diperlukan karena baterai laptop tersebut punya lifetime terbatas.
  3. Tips agar bateri laptop awet berikutnya adalah copot adaptor charger jika bateri sudah penuh. Jangan biarkan bateri penuh tapi tetap kita charge. Ini bisa merusak baterai.
  4. Jangan biarkan laptop diam dan tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama (sekitar 1 bulan). Jika laptop dan baterai tidak digunakan dalam waktu yang lama dapat menurunkan kemampuannya menyimpan energi listrik.
  5. Jika laptop tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama sebaiknya lepas baterai laptop dan simpanlah dengan baik di tempat yang sejuk dan kering. Hindarkan dari tempat yang bersuhu ekstrem dan hindarkan dari sinar matahari langsung. Keduanya bisa merusak komponen dalam baterai.
  6. Gunakan Kipas tambahan seperti cooling pad atau lainnnya ketika menggunakan bateri. Jika suhu baterai terlalu tinggi bisa merusak kapasitas penyimpanannya.
Itulah tadi 6 tips agar baterai laptop tetap awet dari laptopzoom. Ingat langkah pencegahan selalu lebih baik dari memperbaiki. Tunggu tips perawatan laptop lainnya dari kami. Baca juga tipe-tipe baterai laptop.

Tips Agar Baterai Laptop Awet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin Rent Kahoot

0 komentar:

Post a Comment