Info Spesifikasi dan Harga Berbagai Jenis Laptop Terbaru | Review Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak Kena Air

Cara Memperbaiki Laptop Rusak Kena Air - Aktivitas di depan laptop kadang cukup menjenuhkan. Apalagi jika load kerjaan tinggi dan di kejar-kejar deadline. Guna mengakali hal tersebut kita sering melakukan aktivitas di depan laptop dengan ditemani cemilan atau minuman seperti teh, kopi, atau air putih. Akan tetapi awas, kecelakaan bisa terjadi kapan saja, karena kecerobohan kita, anak kita, atau karena ada kucing jahat yang datang, cairan dari minuman bisa saja tumpah dan mengenai keyboard laptop.

Karena laptop bekerja dengan tenaga listrik, ia akan rawan rusak jika terkena atau kemasukan air atau cairan sejenisnya. Bagaimana cara memperbaikinya? Berikut beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk memperbaiki laptop rusak karena terkena air.

cara memperbaiki laptop yang rudak terkena air
kecelakaan bisa terjadi kapan saja
  1. Seketika ketika laptop terkena air, copot stop kontak aliran listrik. Jika menggunakan baterai segera cabut baterai tersebut. Tidak perlu prosedur biasa seperti shutdown dulu, jika daya tidak segera dicabut bisa menyebabkan kosrleting dan laptop akan terbakar.
  2. Buka laptop selebar mungking, kemudian balikkan posisinya. Posisi layar dan keyboard berada di bawah dan punggun laptop berada di atas. Langkah ini untuk mencegah cairan masuk ke komponen dalam yang vital. Tunggu sekitar 3 sampai dengan 5 menit.
    balikkan laptop (posisi tengkurap)
  3. Ambil handuk atau lap kering kemudian usap selururuh bagian laptop yang terkena air semaksimal mungking. Bila perlu anda gunakan cutton bud untuk bagian sela-sela keyboard.
  4. Jangan sekali-kali menyalakan laptop ketika anda belum yakin kering.
  5. Perhatikan jenis cairan yang tumpah. Walaupun kelihatannya sudah kering tapi untuk beberapa cairan seperti jus, anggur, kopi, atau susu bisa saja meninggalkan noda lengket yang bisa menyebabkan komponen berkarat.
  6. Jika anda menumpahkan cairan yang bersifat asam, sesegera mungkin membongkarnya untuk dibersihkan bagian dalamnya. JIka anda kesulitan membokarnya hubungi tempat service laptop terdekat.
  7. Ketika mengerigkan bagian dalam gunakan kain bersih dan perhatikan bagian-bagian penting seperti kabel, motherboard, drvie optik, harddisk, ventilasi, kipas angin, dan perangkat penting lainnya.
  8. Jika ternyata cairan tersebut sudah kering dan lengket di perangkat, coba gunakan alkohol untuk membantu mengangkatnya. Khusu untuk motherboard, anda perlu berhati-hati, saran penulis jangan hanya gunakan lap kain tapi juga gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut untuk membersihkannya. Caranya masukkan bulu kipas ke cairan alkohol kemudian kibaskan kelebihan alkoholnya lalau mulai menyikat pelan-pelan bagian yang terkena cairan lengket tersebut.
  9. Langkah paling krusial adalah pengeringan. Setelah semua pembersihan telah dilakukan, lepas semua komponen laptop. Taruh semua di atas handuk kering di ruang yang tidak lembab atau bocor. Diamkan selama 1 sampai dengan 2 hari atau bisa gunakan kipas angin atau hairdryer.
  10. Setelah sudah dipastikan semua komponen kering, rangkai lagi laptop tersebut. Setelah itu coba nyalakan laptop. Namu demikian, jika sebelum dinyalakan anda melihat komponen yang pasti sudah rusak, sebagiknya lakukan penggantian terlebih dahulu sebelum mencoba menyalakan.
Itulah tadi 10 cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki laptop yang rusak terkena air. Jika anda ragu-ragu untuk melakukannya sendiri, anda bisa meminta bantuan penyedia jasa perbaikan laptop. Akan tetapi berhati-hati jauh lebih baik. Sebisa mungkin jangan melakukan aktivitas yang melibatkan air atau cairan di dekat laptop. KEEP YOUR ELECTRONICS AWAY FROM LIQUIDS. Ayo baca juga Tips Memilih Laptop bagi Mahasiswa.

Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak Kena Air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rumus Hitung

4 komentar:

  1. Waah ini yang saya cari,,, caranya sangat lengkap terimakasih gan informasinya

    ReplyDelete
  2. Laptopku nggak tertolong.
    Rusam total.

    ReplyDelete
  3. Laptopku nggak tertolong.
    Rusam total.

    ReplyDelete
  4. jangan sampe deh ketumpahan air..

    ReplyDelete