Info Spesifikasi dan Harga Berbagai Jenis Laptop Terbaru | Review Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Tips Membeli Laptop 2014

Tips Membeli Laptop 2014 - Ketika kita memilih atau membeli sebuah laptop pada prinsipnya sama seperti memilih jodoh. Ada banyak kriteria yang harus disusun dengan pendekatan utama adalah kebutuhan dan kenyamanan kita. Memilih laptop yang salah meski tak sefatal memilih jodh yang salah, tetapi tetap akan merugikan bagi anda. Maksud hati ingin pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dengan laptop yang tepat ujung-ujungnya malah buang-buang uang. Agar anda tidak salah pilih jodoh, eh pilih laptop, silahkan simak tips membeli laptop berikut:

tips membeli laptop 2014

1. Pilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli laptop cari tahu dulu kebutuhan anda akan sebuah laptop. Laptop seperti apa yang anda butuhkan? Yang mahal, yang canggih, yang punya warna tertentu, atau yang bagaimana. Cari tahu kegiatan yang akan anda lakukan dengan laptop tersebut. Untuk apa tujuannya. Cari tahu dulu kebutuhan laptop seperti apa dan tujuan penggunaannya.
  • Kebutuhan Bisnis : Buat anda pebisnis atau eksekutif akan lebih membutuhkan laptop untuk membuat laporan, editting teks, mengolah data dengan excel, atau membuat presentasi. Soerang pebisnis juga identik dengan aktivitas yang padat dan waktu yang sempit. Jadi untuk para pebisnis atau eksekutif muda cocok dengan laptop dengan keyboard yang nyaman, layar tajam (untuk presentasi) dan juga punya baterai tahan lama.
  • Kebutuhan Nge-Game : Jika anda gamer jenis game-game yang canggih dan memerlukan resource yang cukup besar maka pilihlah laptop dengan prosesor canggih dengan resolusi tinggi dan tentunya suara yang mantab.
  • Kebutuhan Kreatif Multimedia : Jika anda sering bekerja dengan software video editting, photoshop, atau software kreatif multimedia yang lain, anda butuh laptop prosesor bagus, graphic prosesor yang kuat, dan resolusi layar yang tinggi (HD).

2. Tentukan Piliahan Ukuran Layar

Besarnya ukuran layar akan menentukan nyaman tidak nya pemakaian. Lagi-lagi ini tergantung pada kebutuhan anda. Ada banyak pilihan layar seperti layar standard 15 inchi, ukuran 13-14 inchi yang lebih fleksibel, atau ukuran yang lebih kecil. Ukuran layar biasanya akan sangat berpengaruh pada berat laptop. Jika anda sering berpergian akan lebih baik memilih laptop dengan ukuran layar yang lebih kecil.

3. Periksa Keyboard dan Touch Pad

Kualitas dan kecepatan pekerjaan anda akan sangat tergantung pada keyboard dan touchpad laptop. Periksa dahulu, apakah keyboard laptop enak dan empuk ketika ditekan. Periksa juga touchpad apakah sudah responsif dan tidak kasar. Periksa juga tombol klik kanan dan kiri. Coba untuk menyeleksi teks menggunakan touchpad, zoom out zoom in.Rasakan, apakah ketiganya berasa nyaman atau tidak ketika anda mencoba memakainya.

4. Ketahui Betul Spesifikasi Laptop

Anda perlu tahu betul spesifikasi laptop sebelum membelinya. Spesifikasinya bisa meliputi banyak terutama CPU, Hard Drive, RAM, Chip Grafis, Prosesor, dan sebagainya. Sekali lagi, tepat tidaknya spesifikasi sangat tergantung pada tujuan penggunaannya dan anda yang paling tahu soal itu. Jika anda masih awam mengenai spesifikasi laptop bisa anda pelajari dulu atau mengajak teman kerabat yang paham tentang hal tersebut.

5. Perhatikan Masalah Baterai

Jika anda butuh laptop yang bisa tahan lama ketika menggunakan baterai maka pilihlah jenis bateri Lithium Ion. Tekonologi lithium ion masih yang paling depan untuk masalah daya tahan baterai. Akan tetapi umur baterai standard adalah 3 tahun dan setelah performanya akan menurun. Anda bisa membeli baterai yang baru ketika baterai lama sudah tidak perform lagi.

6. Merk Laptop

Merk laptop sangat penting. Salah jika hanya buat gaya-gayan, mana yang lebih terkenal atau tidak. Merk bukan hanya label yang duduk manis di laptop tetapi juga perusahaan besar yang ada di belakangnya. Bagaimana dukungan teknis dan fasilitas lainnya yang diberikan pasca beli oleh perusahaan pemegang merk tersebut. So, cari infomasi sebanyak-banyak dan tentukan pilihan cinta eh merk laptop anda.

7.  Operating Sistem Apa?

Windows atau Machintos? Perhatikan betul sistem operasi yang ada dalam laptop yang akan anda beli. Baiknya pilih yang sudah familiar dengan anda kecuali jika anda ingin belajar bisa memilih sistem operasi yang berbeda dari yang biasa dipakai.  Jangan sampai kerjaan anda terganggu hanya karena belum bisa mengoperasikan OS laptop tersebut. Okey demikian tadi tips membeli laptop 2014 dari kami. Semoga bisa jadi tambahan penggetahuan dan referensi sebelum menentukan laptop plilihan anda.

Tips Membeli Laptop 2014 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rumus Hitung