Info Spesifikasi dan Harga Berbagai Jenis Laptop Terbaru | Review Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Peyebab Flash Disk Tidak Terbaca oleh Komputer


Flash Disk atau juga dikenal dengan USB (Universal Serial Bus) Flash Drive adalah perangkat paling populer saat ini untuk keperluan penyimpanan data. Bentuk, ukuran, dan tipe flash disk ada berbagai macam tergantung  pabrikan pembuatnya. Perangkat penting ini kemudian menjadi sangat menyebalkan ketika rusak atau mengalami gangguan. Salah satunya "Flash Disk Tidak Terbaca di laptop atau komputer. Kita menjadi tidak bisa memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Apa sih yang menyebabkan flash disk kita tidak terbaca di perangkat komputer? Berikut beberapa hal yang mungkin menyebabkan hal tersebut.

penyebab flash disk tidak terbaca


Masalah Port Connection


Kadang flashdisk tidak terbaca bisa jadi bukan sebab flash diksnya tapi port koneksi yang menghubunggkannya ke komputer tidak aktif, entah itu karena ada gangguan kabel internal atau karena USB eksternal hub tidak terpasang. Jadi silahkan anda cek lagi apakah port USB yang anda gunakan untuk memasukkan flash disk bisa digunakan dengan baik. Jika memang port nya biasa digunakan dan bekerja dengan baik ada kemungkinan masalah ada pada flash disknya.

Kerusakan Flash Disk


Flash disk yang anda pakai masih mungkin rusak. Inilah yang bisa jadi penyebab flashdisk tidak terbaca. Kerusakan ini kadang tidak terlihat secara fisik. Untuk memastikan kerusakan ada di flashdisk cobalah memasukkan flahsdisk yang lain pada port USB yang sama. Jika ternyata terbaca berarti kerusakan ada pada Flash Drive anda.

Data Corruption


Penyebab lain flashkdisk tidak terbaca bisa dikarenakan data di dalamnya mengalami "corrupt". Ini bisa disebabkan oleh kerusakan fisik (copot, lepas, pata, atau lainnya) dan bisa juga disebabkan faktor lain seperti adanya virus.

Data Terformat Ke Bentuk lain


Jika flash disk anda telah diformat untuk sistem operasi Mac atau Linux maka mungkin FD tersebut tidak akan bisa dibaca oleh windows. Jadi periksa lagi. Buka flashdisk di sistem operasi yang sesuai kemudian amankan datanya setelah itu format ulang agar terbaca sesuai sistem operasi di komputer atau laptop kita.

Sekedar tips dari kami, karena flashdisk itu kadang menyipang data-data yang sangat penting, sebisa mungkin backup datanya ditempat yang lain dan belilah flash disk yang punya kualitas (bukan hanya kapasitas), yang kuat dan tidak mudah rusak untuk mencegah kejadian flahsdisk tidak terbaca

Peyebab Flash Disk Tidak Terbaca oleh Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin Rent Kahoot

0 komentar:

Post a Comment