Info Spesifikasi dan Harga Berbagai Jenis Laptop Terbaru | Review Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama

Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama - Baterai cepat habis bisa jadi masalah yang serius bagi laptop anda. Kebanyakan laptop tidak dapat bertahan lama setelah anda melepakan charger utamanya dan hanya mengandalkan baterai bawaaan. Bahkan beberpa laptop yang tidak menggunkan removable baterai mengharuskan anda untuk senantiasa menyambungkan charger walau kondisi baterai sudah penuh, jelas bukan pilihan yang bagus. Ada baterai yang sudah lama dipakai sehingga cepat sekali drop. Berikut ini kami bagiakan tips agar baterai bisa awet dan bertahan lebih lama ketika dipakai yang kami ambil dari pcadvisor.

tips agar baterai laptop awet dan tahan lama

1. Kurangi Kecerahan Layar Sesuai Kebutuhan

Sejauh ini bagian laptop yang paling banyak menguras baterai adalah layar terutama lampu latar layar. Lapu inilah yang membuat kita bisa melihat layar dengan jelas. Dengan mengurangi kecerahan layar anda bisa membuat baterai bertahan cukup lama. Untuk mengurangi kecerahan layar bisa dengan kombinasi tombol Fn + Tombol Spesifik sesuai tipe laptop. Atau lebih mudahnya anda bisa membuk Windows mobility center dengen menekan (tahan) tombol windows + tombol x. Aturlah kecerahan layar sesuai kebutuhan dan pastikan tidak mengganggu kesehatan mata.

Windows Mobility Center

2. Ubah Pengaturan Daya

Secara default pengaturan daya (baterai) pada windows adalah "Balanched", utuk lebih menghemat daya baterai silahkan ubah ke pilihan "Power Saver". Anda bisa ubah melalui windows mobility center atau lewat control panel pilihan power option. Anda bisa mengatur pilihan penggunaan baterai seperi Balanched, Power Saver, atau High Performance.

3. Matikan Wi-fi dan Bluetooth Jika Tidak Diperlukan

Jika anda tidak sedang menggunakan wi-fi atau transfer melalui bluetooth matikan saja kedua fitur tersebut. Keduanya dapat menguras cukup banyak daya baterai. Untuk menonaktifkanya biasanya menggunakan tombol kombinasi Fn dengan tombol tertentu. Atau anda dapat mematikannya melalui Device manager di kontrol panel (tombol windows + X)

4. Copotlah Baterai Ketika Charge Sudah Penuh

Jika anda tidak sedang ingin mengggunakan laptop untuk keperluan di luar, sebaiknya jangan gunakan laptop selagi charging baterai. Selain itu copotlah baterai jika sudah penuh. Baterai lithium yang digunakan tidak bisa overcharged. Pada beberapa produsen lapto seperti Sony dan Lenovo telah menggunakan teknologi pintar yang akan membatasi pengisian jika baterai sudah penuh.

5. Lepas Perangkat Yang Tidak Perlu

Jika anda tidak sedang menggunakan perangkat dalam laptop seperti CD,  Portable Hardisk, atau yang lain sebaiknya anda copot. Walaupun tidak digunakan perangkat tersebut masih menghabiskan daya baterai. Contohnya CD dan VCD pada CD/VCD Drive, walaupun tidak anda pakai tetapi CD atau VCD tersebut akan tetap berputar saat anda membuka windows explorer.

6. Tutup Aplikasi yang Tidak Sedang Digunakan

Jika anda sedang membuak internet dengan puluhan tab yang terbuka, tutuplah tab yang tidak terpakai. Itu akan cukup menghemat penggunaan daya. Selain itu sebisa mungkin tutup aplikasi-aplikasi yang memang tidak sedang digunakan. Keduanya bukan hanya bisa membuat kinerja laptop lambat tapi bisa menguras habis daya baterai.

Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rumus Hitung